Wednesday, May 29, 2013

STAI AL-KAUTSAR BENGKALIS

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI Bengkalis) sebagaimana dikenal pada saat sekarang ini merupakan peralihan nama dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) yang berdiri pada Tanggal 17 Juli 1988 yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Kautsar (YPIA) yang awalnya di bawah naungan Kopertais VI Sumbar, Riau dan Kerinci. Selama lebih kurang sembilan tahun dibina oleh IAIN Imam Bonjol Padang.

STIT Bengkalis yang sekarang disebut STAI Al-Kautsar Bengkalis didirikan berawal dari niat tulus Bapak Drs. Asy’ari Nur, SH, MM (ketika itu Pegawai Departmen Agama), yang tidak terlalu berlebihan jika kita sebut beliau sebagai seorang yang berjiwa besar dan sangat memperhatikan masa depan Kabupaten Bengkalis khususnya bidang Pendidikan dan Keguruan. Pemikiran pendirian STIT dilatarbelakangi dari keprihatinan beliau saat itu karena minimnya Aparatur Pemerintahan yang berkualifikasi Sarjana Strata 1 diberbagai instansi yang berada di Bengkalis.

Keseriusan pendirian STIT oleh Bapak Drs. Asy’ari Nur, SH, MM kemudian ditindaklanjuti dengan pengajuan izin Operasional PTAIS pada Tahun 1989, ketika itu dipersiapkan beliau sebelum menunaikan ibadah haji. Dari keseriusan tersebut akhirnya berhujung manis setelah kepulangan beliau dari ibadah haji.

Selanjutnya pada bulan Oktober 1988 pembinaan STAI Bengkalis dialihkan kepada Kopertais Wilayah XII Riau-Kepri yang dibina oleh IAIN SUSKA Pekanbaru (sekarang Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru). Pergantian nama STIT ke STAI terjadi pada tahun 1999 dengan maksud memberi peluang untuk membuka fakultas lainnya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

STAI Bengkalis pada awal berdidirinya hingga tahun 1999 berkedudukan di Jalan Pembangunan I. Masih menumpang di gedung SMPLB Kabupaten Bengkalis dan sejak tahun 2000 hingga sekarang STAI Bengkalis menepati gedung baru yang berlokasi di Jalan Lembaga Bengkalis dengan luas tanah ± 1.6 hektar. Yang merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Periodeoisasi kepemimpinan STAI Bengkalis hingga saat ini sudah berjalan 4 kali pergantian. Yang pertama, Alm. Bpk. Bengsabli, SH. Kedua, Drs. Asy’ari Nur, SH, MM (sekarang Ketua Yayasan). Ketiga, Alm. Bpk Rahman Jalil, Sag, MM. Dan keempat, Bpk Prof. Dr. H. Samsul Nizar, MA.

 

Foto STAI AL-KAUTSAR Bengkalis

 
Pintu Masuk
Pos Penjaga
Parkir
Office
Labor Komputer dan Perpustakaan
Gedung Beng Sabli
Aula Al- Farabi
Gedung A. Rahman Jalil
Ruang Dosen dan Kantin
Dema dan Menwa
Musholla Al-amin




No comments:

Post a Comment